Pacu Minat Baca Siswa dengan Progam "Ular Baca"




Untuk memacu siswa dalam meningkatkan minat baca, berbagai cara dapat dilakukan. Salah satunya dengan program ular baca.

Program ular baca ini, praktiknya adalah, siswa diberikan waktu untuk membaca sekitar 15 menit. Kemudian,pihak sekolah menyediakan kertas warna-warni berbentuk lingkaran, yang gunanya untuk membuat ular baca. Program ini bisa diterapkan di sekolah kelas tinggi.

Agar praktiknya nanti bisa lebih,guru sebaiknya menyediakan gambar kepala ular,yang gunanya sebagai ujung dari ular baca tersebut.



Selanjutnya, setelah siswa membaca bahan bacaan yang ringan dan menarik, guru membagikan selembar karton kepada setiap siswa untuk menuliskan judul buku dan resume singkat yang diperoleh dari buku bacaan tersebut.

Guru menempelkan kepala ular baca di dinding kelas. Selesai menuliskan resume, siswa menempelkan karton meliuk-liuk menyerupai badan ular. jumlah ular baca di setiap kelas menyesuaikan.

Dengan begini, siswa akan tertarik untuk membaca resume buku dalam ular baca yang tertempel di dinding kelas. Mereka, bahkan sangat mungkin tertarik buku yang dibaca oleh temannya. 

Baca juga : Yuk! Lakukan Gerakan Membaca 15 Menit

Subscribe to receive free email updates: