Gerobak Baca dan Serasa Membara di MIN Medan Barat

@image : usaid prioritas 

Ada yang baru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Medan Barat. Pagi itu saat kami berkunjung ke sana, jam pelajaran sedang berlangsung. Tapi di dua sudut sekolah di gedung sebelah kiri dan sebelah kanan sekolah, para siswa terlihat ramai. Sebagian duduk diam dengan manis menekuni buku-buku, sebagian sibuk memilihi buku dari rak, dan sebagiannya membaca dengan ribut. Rupanya ada gerobak baca di sekolah ini. Sebuah program baru untuk meningkatkan minat baca para siswa. Program ini baru diadakan di semester baru tahun ajaran 2015/2016.

“Ini tujuannya agar para siswa membaca tidak hanya saat harus disuruh. Tetapi kapanpun mereka mau membaca. Saat jam istirahat atau saat jam pulang sekolah atau baru datang ke sekolah seperti yang sedang kita lihat,” kata Dra. Bidasari Daulay, guru kelas VI yang juga merupakan Fasda Provinsi USAID PRIORITAS Sumut.

Buku-buku ini diperoleh dari pustaka sekolah, infaq buku dari siswa yang jumlahnya sekitar 500-an setiap semester, dan dari USAID PRIORITAS. Dengan adanya infaq buku tersebut koleksi buku tidak akan menjadi monoton. Setiap dua minggu sekali koleksi buku dari perpustakaan, gerobak baca dari sisi kanan dan kiri gedung sekolah akan diputar sehingga koleksi buku di tiap gerobak baca berganti-ganti.

Program ini juga mendukung program Serasa Membara (Senin Rabu Sabtu Membaca Gembira) yang sudah terlebih dahulu diterapkan di sekolah ini. “Intinya kita ingin budaya membaca itu menjadi budaya yang dibangun pada para siswa sejak dini. Dan alhamdulillah kepala sekolah kami selalu mendukung ide-ide kami untuk perkembangan sekolah,” kata Bidasari lagi.

sumber : USAID PRIORITAS

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gerobak Baca dan Serasa Membara di MIN Medan Barat"

Posting Komentar