Siswi Ini Sulap Sampah Jadi Baju yang Cantik


Ummy Izzatunida, merasa gelisah ketika melihat sampah atau barang bekas. Siswi kelas XII MA NU Muallimat Kudus ini, merasa eman jika barang-barang bekas itu harus dibuang begitu saja.

Dari keprihatinan ini, gadis berusia 15 tahun ini lantas memutar otaknya untuk memanfaatkan barang-barang bekas atau sampah. Barang-barang bekas itu kemudian ia olah dan sulap menjadi kerajinan tangan yang indah.

“Sebenarnya barang barang bekas dan sampah ini juga bisa dimanfaatkan. Baik itu mulai dari koran, botol bekas ataupun LKS (lembar kerja siswa) yang sudah tak terpakai lagi,” katanya.

Ia mencontohkan, koran-koran bekas bisa ia sulap menjadi menjadi baju yang indah. Ia menjelaskan, untuk membuat baju dari koran bekas tersebut membutuhkan sejumlah bahan. Di antaranya, koran bekas, kain kapas untuk lambaran dalamnya, lem, serta manik manik lainnya.

“Untuk pembuatan baju ini memang membutuhkan waktu dan kesabaran yang maksimal. Bila waktu dan kesabaran tidak bisa dikontrol, maka bahan-bahan itu akan rusak. Serta hasilnya juga tidak bagus,” tuturnya.

Siswi yang mulanya menjadi angota OSIS itu juga terkadang dimintai sesama rekannya ataupun adik kelasnya untuk memberikan pendidikan kesenian usai jam pelajaran sekolah.

“Untuk pembuatan seni baju bekas dari bahan bekas ini memang berada di ekskul “keputrian” MA NU Muallimat. Ekskul keputrian itu sejenis kegiatan memasak, membuat bros, membuat jilbab serta membuat seni dari bahan bekas semacam ini,” paparnya.

Akan tetapi ekskul “keputrian” yang berada di MA NU Muallimat tersebut materi pendidikannya tergantung dari kesepakatan dari peserta ekskul. “Memang dalam seni ekskul keputrian itu hari dan materinya tidak tentu. Dan itupun tergantung pada permintaan atau kesepakatan seluruh peserta. Misalkan hari senin ini ialah membuat baju bekas dari koran, rabu membuat masakan, dan hari selanjutnya memuat jilbab dan lainnya,” ujarnya.

Dia menambahkan, bila seseorang ingin sadar akan kemampuanya, maka setiap barang bekas itu ada manfaatnya. Selain itu juga kreativitas dapat terasah denghan baik

sumber : koran muria

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswi Ini Sulap Sampah Jadi Baju yang Cantik "

Posting Komentar