Surat untuk Sahabat


Oleh: Syamsul Agus, Guru Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 13 Binjai

Menulis harus dibiasakan sejak dini agar menulis menjadi budaya. Kecintaan kepada kepenulisan dimulai dengan menulis yang sederhana sekaligus menyenangkan seperti menulis surat. Selain melatih kemampuan menulis, menulis surat juga melatih kemampuan interaksi dan sosialisasi siswa melalui literasi.

Menulis surat, meskipun surat pribadi tentu tidak bisa sembarangan. Ada aturannya juga terkait komposisi agar surat yang dikirim memberi kesan sopan dan menyenangkan bagi si penerima surat. Dalam surat pribadi, beberapa hal penting yang harus diperhatikan adalah komposisi surat, bahasa yang komunikatif, serta isi yang benar.

Untuk memberikan gambaran kepada siswa tentang bagaimana struktur surat pribadi yang benar, saya membagikan kepada siswa contoh surat pribadi yang akan mereka diskusikan secara berkelompok. Dalam kelompok diskusi ini, siswa akan membahas tentang komposisi surat pribadi. Bagaimana komposisi surat pribadi yang baik menurut mereka setelah memperhatikan contoh tersebut. Lalu dengan menggunakan gambar, siswa juga akan menemukan sendiri tentang isi yang baik serta bahasa yang komunikatif dalam surat pribadi. Hasil diskusi tersebut kemudian dipresentasikan dan dibahas bersama-sama di dalam kelas.

Setelah itu, secara berpasangan siswa mengerjakan tugas menuliskan surat pribadi dan secara bergantian menyunting surat yang telah dituliskan oleh temannya.

sumber : USAID PRIORITAS 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Surat untuk Sahabat"

Posting Komentar