Hebat! Buku Karya Suami Istri di Rembang Ini Jadi Buku Islami Terbaik Versi Islamic Book Fair Awards 2016

foto : (istimewa)

Prestasi membanggakan diraih oleh suami istri di Rembang. Buku berjudul Suluk Kiai Cibolek yang merupakan karya Ubaidillah Achmad dan Yuliyatun Tajuddin menjadi buku Islami terbaik kategori non fiksi dewasa versi Islamic Book Fair Awards 2016.

Ubaidillah Achmad mengaku tidak menyangka buku yang ditulisnya bisa mendapatkan penghargaan bergengsi itu. Gus Ubaid, sapaan akrabnya, hanya berusaha mencari jawaban atas kegelisahan yang dirasakannya terkait maraknya gerakan Islam radikal.

”Karena ada kegelisahan bagi saya terkait maraknya Islam formal yang digiring dengan gerakan radikal. Oleh karena itu, saya berusaha mencari jawabannya,” ungkap Dosen UIN Walisongo itu, seperti dikutip dari MuriaNewsCom, Selasa (1/3/2016) pagi.

Warga Sidorejo Kecamatan Pamotan itu, kemudian terinspirasi oleh sosok Kiai Mutamakkin Kajen Margoyoso Pati. Gus Ubaid berusaha untuk mengungkap pesan dan ajaran Kiai Cibolek melalui ornamen yang berada di masjid setempat.

Menurutnya, dalam ornamen dan simbol-simbol itu memiliki pesan mendalam terkait pemahaman keagamaan bagi masyarakat Indonesia. ”Buku itu membahas tentang ornamen Cebolek yang menggambarkan perpaduan agama Islam dengan tradisi lokal,” jelasnya.

Gus Ubaid menyebut, pemilihan ornamen itulah yang menjadi daya tarik tersendiri dalam bukunya. Selain itu, ia menilai munculnya konsep pemikiran Islam Nusantara juga memberikan kontribusi tersendiri bagi bukunya. ”Tentu tidak lepas dari isu yang berkembang saat ini, yakni Islam Nusantara,” tandasnya.

Suluk Kiai Cebolek menjadi salah satu buku dari lima buku lainnya yang mendapatkan penghargaan sebagai buku terbaik di Istora Senayan Jakarta, Sabtu (27/2/2016) kemarin. Terdapat enam kategori yang diperlombakan, yakni buku Islam terbaik kategori fiksi anak, fiksi dewasa, non fiksi anak, non fiksi dewasa, terjemahan, desain sampul atau ilustrasi dari 320 buku yang terdaftar dalam acara tersebut.


Baca juga : Mau Jadi Penulis Hebat Melalui Sosmed? Ini Lho Tipsnya

Subscribe to receive free email updates: