Yuk! Ajarkan 6 Kata Ajaib Ini Kepada Si Kecil

ilustrasi : Gen-Q


Dalam mendidik anak, sebaiknya orang tua dapat mengajarkan dan membiasakan si kecil dengan hal-hal positif. Ada beberapa hal kecil yang patut Ayah dan Bunda lakukan, untuk mendidik karakter positif anak. Langkah berikut ini semoga bisa menjadi contoh.


Tolong 
Biasakan anak untuk meminta bantuan menggunakan kata ajaib ini. Anak-anak yang dibiasakan mengucapkan perkataan “tolong” akan menjadikan mereka bersifat rendah hati


Terima Kasih
Ucapan “terima kasih” akan mendidik anak kecil untuk menghargai pertolongan orang, walaupun dalam perkara yang kecil.


Ucapkan dulu kalimat ini pada anak Anda agar dia tahu gembiranya perasaan dihargai dan didik juga dia untuk menghargai


Maaf
Didik anak supaya berani mengakui kesalahan, meminta maaf dan tidak mengulangi kesalahan. Anak kecil mungkin tidak mengetahui arti sebuah kemaafan, tetapi dia akan terus belajar makna kemaafan seiring dengan usianya.


Iya


Perkataan yang simple dan mudah untuk diajarkan kepada anak, sebagai respon dia suka untuk mendengar arahan kita dengan lapang hati. Menjadikan anak mudah untuk patuh terhadap permintaan ibu dan bapak.


Salam
Antara sunnah Rasulallah SAW adalah salam yang artinya kesejahteraan. Biasakanlah mengucapkan salam kepada anak kecil, saat dia membuka matanya apabila bangun tidur 


Minta Izin
Mendidik anak agar senantiasa minta izin ketika dia mau menggunakan barang kita atau orang lain. Ini akan mengajari anak, bahwa tidak boleh mengambil atau berbuat sesuka hati dengan hak orang lain.






Subscribe to receive free email updates: