Saat Mahasiswa Kudus Semangat Ajari Anak-anak dengan Gratis

koranmuria.com (foto)

Menjadi generasi muda sekarang, memang harusnya bermanfaat. Termasuk juga para mahasiswa yang ada di Kudus ini, yang harus bisa memberi manfaat kepada sesamanya.

Contohnya sekelompok mahasiswa yang tergabung dalam komunitas Omah Aksi Kudus. Mereka ini melaksanakan sejumlah kegiatan sosial bersama dengan anggota komunitas lainnya. Salah satu kegiatannya adalah menggelar bimbingan belajar kepada siswa sekolah dasar (SD) secara gratis.

Upaya yang dilakukan anggota komunitas untuk bisa mencari murid guna diberi bimbingan belajar, adalah dengan datang ke rumah-rumah warga yang memiliki anak SD. Mereka melakukan pendataan, sekaligus menawarkan kepada anak-anak itu untuk belajar bersama mereka.

Salah satu anggota komunitas Omah Aksi Kudus M Ihsan Nugroho mengutarakan, komunitas ini merupakan wadah untuk berbagai komunitas yang ada. ”Salah satu kegiatan memang memberikan bimbingan belajar untuk siswa SD di sore hari,” jelasnya. 
 
Kepada orang tua murid, dijelaskan kegiatan komunitas itu sendiri bagaimana. Termasuk memberikan brosur mengenai komunitas itu sendiri. ”Sehingga nantinya anak-anaknya dapat diizinkan untuk belajar bersama
di Omah Aksi ini,” tuturnya.

Rata-rata pengajar di Omah Aksi yang bermarkas di Jalan Ekapraya III, Nomor 34, Rendeng, Kecamatan Kota, tersebut memang masih berstus mahasiswa.

”Meski kita masih mahasiswa, baik dari universitas yang ada di Kudus
maupun Semarang, akan tetapi ke-7 pengajar ini ingin mengamalkan ilmunya kepada adik-adik yang duduk di bangku sekolah dasar secara gratis,” terangnya.

Dia menambahkan, sampai saat ini, ada 20 anak-anak yang diajar oleh anggota komunitas. Konsepnya sendiri adalah bermain sambil belajar. ”Kegiatannya menyenangkan pokoknya. Ada permainan, menyanyi, belajar mata pelajaran, bahkan merangkai robot. Yang penting anak-anak paham,” imbuhnya.

sumber : koranmuria.com

Subscribe to receive free email updates: