Buku Cerita dan Lagu Anak Nusantara Bangkitkan Lagi Lagu Anak Indonesia

@image : suaramerdeka.com

Di manakah posisi lagu anak-anak dewasa ini?  Sehingga membuat kehadirannya sangat dirindukan. Rilis buku Lagu Anak Nusantara, Cerita dan Lagu Anak Nusantara. Yang di dalamnya diselipkan CD berisi 10 lagu anak Indonesia terkini, diklaim sedikit menjawab kecemasan ihwal makin susahnya ditemukan lagu anak di Indonesia.

Hebatnya, buku dan CD terbitan BIP dengan Kemendikbud itu, ditulis oleh Fiore Maheswari Danitta, yang juga masih dikategorikan anak-anak,  atau usianya masih 15 tahun.

Dari manakah Fiore mendapatkan inspirasi menulis buku musik itu, yang kesepuluh lagunya dinyanyikam para jawara ajang Lagu Anak Nusantara? “Berdasarkan lagu-lagu yang dinyanyikan di buku ini, dan kehidupan anak-anak dalam keseharian saya,” katanya di Assembli Hall, JCC, Jakarta, Sabtu (12/12).

Menurut penggiat dan pemerhati musik Indonesia Bens Leo, Fiore menulis buku berisikan lagu anak-anak ini dengan sangat baik. Menurut dia, 10 lagu, dan 10 cerita, di buku ini,”Saling mengait dengan baik,” katanya merujuk lagu berjudul “Tomat”, “Tamasya ke Luar Kota”, “Lihat Gambarku”, “Super Hero”, “Mama Papa Juara,” dan beberapa judul lainnya, yang diantaranya dinyanyikan penyanyi aslinya seperti Jessica, Nabila, Anastasia, dan Moza.

Selain lagunya gampang dinyanyikan, ujar Bens Leo, lirik dalam 10 lagu di buku ini, mudah diingat, demikian pula ceritanya.

Nilai tambah lainnya, pemenang Festival Lagu Anak Nusantara, yang menyanyikan ke-10 lagu di buku ini. Dengan sajian tema lagu yang sangat bervariatif musikalitasnya, plus pesan moral yang bagus kepada anak-anak.”Buku lagu ini sedikit banyak mengobati kerinduan kita kepada kehadiran lagu anak-anak,” ujar Bens, merujuk pada makin susahnya ditemukannya lagu anak-anak. Karena yang ada saat ini adalah kecenderungan anak-anak yang gemar menyanyikan lagu orang dewasa.

Menjadi makin istimewa karena nama-nama pemilik Lembaga Pendidikan Musik seperti Dwiki Dharmawan, Dian Hp, Gilang Ramadhan, Purwatjaraka, dan Elsa Sigar terlibat dalam penjurian pemilihan Festival Lagu Anak Nusantara, yang lagunya terangkum di buku ini.

sumber : merdeka.com

Subscribe to receive free email updates: